Pemasaran merupakan kegiatan untuk menawarkan barang/jasa
dari suatu individu/kelompok kepada individu/kelompok yang lain. Pemasaran
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan barang maupun jasa konsumen. Pemasaran
meliputi suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini
maupun konsumen potensial. Pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat
penting dalam kegiatan produksi maupun kegiatan budidaya perikanan. Menurut
Erni (2014), Pemasaran adalah serangkaian proses kegiatan atau aktivitas yang
ditujukan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari titik produsen ke
titik konsumen atau dapat di sebut pula sebagai proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan,
dengan cara menciptakan, menawarkan serta mempertukarkan produk dan nilai
dengan pihak lain. Pertukaran adalah konsep yang yang melandasi pemasaran. Tujuan
akhir dari pemasaran dalah menempatkan barang-barang ke tangan konsumen akhir.
Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan kegiatan-kegiatan tataniaga
yang dibangun berdasarkan arus barang yang meliputi proses pengumpulan
(konsentrasi), proses pengimbangan (equalisasi) dan proses penyebaran
(dispersi).
Pemasaran menjadi satu hal yang wajib dikuasai dan di
perhatikan karena pemasaran sangatlah berperen penting dalam aliran dana
sehingga dalam melakukan pemasaran perlu perencanaan dan pengaplikasian rencana
dengan baik. Menurut Timothy (2010)
sebuah perencanaan yang baik adalah ciri sukses dari suatu bisnis. Tiap orang
memiliki ide bisnis yang berbeda tetapi yang je;as juga punya visi dan misai
yang akan berhasil. Penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki sebuah ide
ataupun mindset akan dapat mencapai keberhasilan dalam bisnisnya. Visi yang
kuat yang tadinya hanya sebuah mimpi akan dapat terwujud secata perlahan dengan
misi jelas dan sebuah tujuan. Internet adalah sebuah tempat untuk memulai,
mencari banyak ide bisnis. Dengan melakukan riset, dari sebuah ide bisnis kita
akan menemukan kata kunci yang terkait dengan bisnis yang anda inginkan.
Perikanan
merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan yang perkembanganya
masih kurang di minati di Indonesia. Padahal, perikanan menjadi salah satu
sektor yang dapat di jadikan bisnis usaha sendiri dan mengantarkan Negara
Indonesia menjadi Negara yang maju. Menurut Arief (2013) potensi perikanan budidaya
masih sangat besar dan pemanfaatannya belum mencapai 50 %. Potensi perikanan
budidaya yang sangat besar tersebut merupakan peluang untuk menghasilkan
komoditas berkualitas dan bersaing di pasar Internasional. Beberapa komoditas
yang dapat di andalkan sebagai produk unggulan antara lain nila, lele, mas,
gurame, lobster, lobster air tawar, udang galah, udang windu, bandeng, rumput
laut, kepiting bakau, kakap, mutiara, kerang dan lobster. Komoditas-komoditas
unggulan tersebut di harapkan dapat meningkatkan produksi perikanan nasional,
membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan nelayan dan pembudidaya yang
dapat memberikan konstribusi pada pertumbuhan ekonomi. Potensi perikanan
khususnya budidaya belum di manfaatkan secara optimal baik air tawar, air payau
maupun budidaya laut.
Daftar Pustaka
Arief, Y. Anti. 2013. Potensi
Perikanan Budidaya dalam sinjaikab.go.id di akses pada tanggal 5 mei 2015
Erni, Deni. 2014. Analisis Pemasaran
Dan Nilai Tambah Produk Rajungan (Portunus pelagicus) Di Desa Gebang Mekar
Kabupaten Cirebon. [SKRIPSI] Universitas Padjadjaran
Timothy, Jamaes. 2010. Membangun
Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo : Jakarta
No comments:
Post a Comment