Pengertian dan Pentingnya Pemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan untuk menawarkan barang/jasa dari suatu individu/kelompok kepada individu/kelompok yang lain. Pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan barang maupun jasa konsumen. Pemasaran meliputi suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kegiatan produksi maupun kegiatan budidaya perikanan. Menurut Erni (2014), Pemasaran adalah serangkaian proses kegiatan atau aktivitas yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari titik produsen ke titik konsumen atau dapat di sebut pula sebagai proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan cara menciptakan, menawarkan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Pertukaran adalah konsep yang yang melandasi pemasaran. Tujuan akhir dari pemasaran dalah menempatkan barang-barang ke tangan konsumen akhir. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan kegiatan-kegiatan tataniaga yang dibangun berdasarkan arus barang yang meliputi proses pengumpulan (konsentrasi), proses pengimbangan (equalisasi) dan proses penyebaran (dispersi).
Pemasaran menjadi satu hal yang wajib dikuasai dan di perhatikan karena pemasaran sangatlah berperen penting dalam aliran dana sehingga dalam melakukan pemasaran perlu perencanaan dan pengaplikasian rencana dengan baik. Menurut Timothy (2010) sebuah perencanaan yang baik adalah ciri sukses dari suatu bisnis. Tiap orang memiliki ide bisnis yang berbeda tetapi yang je;as juga punya visi dan misai yang akan berhasil. Penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki sebuah ide ataupun mindset akan dapat mencapai keberhasilan dalam bisnisnya. Visi yang kuat yang tadinya hanya sebuah mimpi akan dapat terwujud secata perlahan dengan misi jelas dan sebuah tujuan. Internet adalah sebuah tempat untuk memulai, mencari banyak ide bisnis. Dengan melakukan riset, dari sebuah ide bisnis kita akan menemukan kata kunci yang terkait dengan bisnis yang anda inginkan.
Perikanan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan yang perkembanganya masih kurang di minati di Indonesia. Padahal, perikanan menjadi salah satu sektor yang dapat di jadikan bisnis usaha sendiri dan mengantarkan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju. Menurut Arief (2013) potensi perikanan budidaya masih sangat besar dan pemanfaatannya belum mencapai 50 %. Potensi perikanan budidaya yang sangat besar tersebut merupakan peluang untuk menghasilkan komoditas berkualitas dan bersaing di pasar Internasional. Beberapa komoditas yang dapat di andalkan sebagai produk unggulan antara lain nila, lele, mas, gurame, lobster, lobster air tawar, udang galah, udang windu, bandeng, rumput laut, kepiting bakau, kakap, mutiara, kerang dan lobster. Komoditas-komoditas unggulan tersebut di harapkan dapat meningkatkan produksi perikanan nasional, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan nelayan dan pembudidaya yang dapat memberikan konstribusi pada pertumbuhan ekonomi. Potensi perikanan khususnya budidaya belum di manfaatkan secara optimal baik air tawar, air payau maupun budidaya laut.

Daftar Pustaka
Arief, Y. Anti. 2013. Potensi Perikanan Budidaya dalam sinjaikab.go.id di akses pada tanggal 5 mei 2015
Erni, Deni. 2014. Analisis Pemasaran Dan Nilai Tambah Produk Rajungan (Portunus pelagicus) Di Desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon. [SKRIPSI] Universitas Padjadjaran
Timothy, Jamaes. 2010. Membangun Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo : Jakarta

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About