Unsur Penyusun Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa organic yang di sintesis dari senyawa organic yang mengandung unsur karbon (C), hydrogen (H), dan oksegen (O). komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida, yaitu karbohidrat paling sederhana, yang hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis. Selain itu unsur karbohidrat yang lainya adalah disakarida yang merupakan gabungan dua unsur monosakarida dan polisakarida yang merupakan gabungan beberapa monosakarida.
Di dalam tubuh manusia glukosa merupakan jenis monosakarida penghasil energy utama. Glukosa banyak di dapatkan dari makanan yang kita konsumsi seperti nasi, jagung dan makanan lainya. Dalam keadaan normal, darah mengandung 70-100 mg glukosa setiap 100 ml darah. Jika kadar glukosa darah lebih rendah dari kisaran normal di sebut hiplogikemian, sebaliknya jika kadar glukosa lebih tinggi dari kisaran normal di sebut hiperglikemia yang dapat menyebabkan penyakit gula darah.
Zat-zat yang termasuk ke dalam golongan monosakarida adalah heksosa (glukosa, fruktosa, galaktosa), ribose (penyusun RNA), dan deokribosa (penyusun DNA) sedangkan yang termasuk ke dalam golongan disakarida adalah laktosa (glukosa+galaktosa), sakrosa (glukosa+fruktosa), maltose (glukosa+glukosa) dan lainya. Amiluk, glikogen, selulosa, pectin, lignin dan kitin merupakan golongan polisakarid. Selulosa merupakan zat yang tidak dapat di ubah oleh enzim pencernaan. Meskipun demikian, selulosa memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh sebagai zat yang merangsang di keluarkanya enzim, memberikan rasa kenyang dan memadatkan feses.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About