Sumber dan Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat dapat di peroleh terutama dari padi yang sering kita makan setiap hari dan merupakan kebutuhan pokok. Selain itu karbohidrat banyak di temukan pada gandum, jagung , biji-bijian, umbi-umbian, dan sagu. Di Indonesia makanan pokok yang paling banyak di konsumsi adalah beras yang di olah menjadi nasi. Namun, beberapa wilayah maupun masyarakat sering mengkonsumsu umbi-umbian, jagung maupun sagu yang kandungan karbohidratnya sama bahkan lebih banyak di bandingkan dengan beras. 

Di dalam tubuh manusia, karbohidrat memiliki fungsi utama sebagai sumber energy dan cadangan makanan. Selain itu fungsi karbohidrat bagi tubuh antara lain adalah :
1.       Sebagai sumber energy utama. Dalam proses respirasi, setiap 1 gram glukosa akan menghasilkan sekitar 4,1 kalori
2.       Sebagai bahan pembentuk senyawa kimia lain misalnya asam lemak sebagai penyusun lemak dan asam amino sebagai penyusun protein.
3.      Sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang bertugas sebagai penurunan sifat. Gen terdiri dari asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA) yang merupakan karbohidrat beratom C lima.
4.  Sebagai senyawa yang membantu proses berlangsungnya buang air besar. Selulosa merupakan polisakarida berserat yang sulit di cerna, tetapi keberadaanya dalam sisa pencernaan dapat mencegah konstipasi (sembelit).

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About