Bisnis Online Perikanan

Internet merupakan media yang saat ini sedang menjadi favorit semua kalangan karena kemudahanya dalam penyediaan informasi dan dapat di jadikan promosi. Penggunaan internet belakangan ini terus meningkat karena kemudahan akses internet sudah tidak seperti jaman dahulu. Saat ini internet bukanlah barang mahal yang susah di jangkau golongan menengah ke bawan. Menurut Pribadi (2010) internet memang menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki media lain seperti tidak terbatas ruang dan waktu artinya internet dapat beroprasi 24 jam dan dapat di akses dari belahan dunia manapun, cepat, mudah dan murah, melalui internet komunikasi dan interaksi dua arah dapat dilakukan dengan sangat cepat dan sangat mudah dengan berbagai aplikasi yang user friendly (mudah digunakan) walaupun terpisah jarak dan waktu serta dukungan teknologi yang terus berkembang juga membuat media internet semakin diminati dan meningkat jumlah penggunanya dari hari ke hari. hal ini dapat di lihat dari peningkatan jumlah pengguna facebook, twitter dan youtube yang sangat pesat.
Kemajuan teknologi akhir-akhir ini terbilang sangat pesat dan semakin maju. Kemajuan tersebut memiliki peran positif dalam kehidupan manusia. Menurut Hidayat dkk. (2007) arus perkembangan sains dan teknologi dalam segenap aspek hidup manusisa telah banyak memengaruhi kemajuan masyarakat. Dampak positif perkembangan sains dan teknoloho dapat dilihat dalam perkembangan medis. Selain itu dalam kemajauan teknologi pemanfaatan media internet sebagai media promosi perikanan.
Kehadiran smartphone, gadged maupun laptop yang semakin mendukung dalam akses internet menjadi salah satu faktor mengapa penggunaan internet semakin luas. Pemanfaatan dari penggunaan internet yang semakin luas tersebut dapat di aplikasikan dengan cara membuat pasar online atau yang sering di kenal dengan online shop. Media online seperti pasar online atau yang bisa di sebut online shop adalah merupakan bentuk jual beli yang saat ini banyak di lakukan di segala kalangan. Online shopping atau belanja online menggunakan media internet adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari penjual melalui internet dimana pembeli tidak perlu bertemu secara langsung dengan penjual dalam proses pemesanan. Kemudian setelah terjadi kesepakatan biasanya barang akan di kirim lewat jasa antar yang saat ini banyak tersedia pula. Selain itu, di kenal pula dengan istilah cash on delivery dimana barang di antar oleh penjual dan uang di bayarkan pada saat pengantaran barang.
Sejak kehadiran dan luasnya penggunaan internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan komputer.
Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet. Penggunaan internet sebagai media penjualan akan mempermudah transaksi barang dan antara penjual dan pembeli tidak perlu repot-repot menawarkan maupun memilih barang yang akan di jual atau di belinya. Bisnis online yang paling banyak di jumpai saat ini adalah berupa bisnis pakaian, barang elektronik, alat-alat rumah tangga, dan lain sebagainya termasuk bisnis perikanan yang dapat di lakukan secara online mengingat kemajuan teknologi yang sangat pesat.
Dalam bisnis online perikanan yang di laukakan secara online, satu hal yang tidak bisa di lakukan adalah pengiriman barang melalui kurir seperti yang di lakukan pada bisnis benda mati. Bisnis ini hanya berupa promosi. Dalam hal jual beli pembeli dapat meminta penjual mengirimnya secara langsung atau pembeli mendatangi tempat penjual.

Daftar Pustaka
Hidayat, Khairul, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosiologi. Erlangga : Jakarta
Pribadi, Wikan. 2010. Peluang Usaha Online. Kawah Media : Jakarta

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About