Pengertian Massa dan Alat Ukur Massa

Massa merupakan suatu sifat fisika yang menyatakan banyaknya zat yang terdapat dalam suatu benda. Dalam kegunaan sehari-hari, massa seringkali disinonimkan dengan berat atau di anggap sama. Namun menurut pemahaman ilmiah modern, massa dan berat adalah dua hal yang berbeda karena berat suatu objek diakibatkan oleh interaksi massa dengan medan gravitasi. Sebagai contoh, seseorang mengangkat sebuah benda yang sama di dua tempat yang berbeda yaitu di bumi dan di bulan. Saat mengangkat benda tersebut di bumi akan terasa lebih beraat sedangkanketika mengangkat benda tersebut di bulan, maka berat benda tersebut akan lebih kecil dan lebih mudah diangkat namun massanya tetaplah sama.
Massa tiap benda selalu sama dimana pun benda tersebut berada. Satuan SI untuk massa adalah kilogram (kg). Alat untuk mengukur massa disebut neraca. Ada beberapa jenis neraca, antara lain, neraca ohauss, neraca lengan, neraca langkan, neraca pasar, neraca tekan, neraca badan, dan neraca elektronik. Setiap neraca memiliki spesifikasi penggunaan yang berbeda-beda. Pada neraca tiga lengan, lengan paling depan memuat angka satuan sepersepuluhan, lengan tengah memuat angka puluhan, dan lengan paling belakang memuat angka ratusan.

Berikut cara menimbang dengan menggunakan neraca tiga lengan adalah sebagai berikut.
a.       Posisikan skala neraca pada lengan depan dan belakang ke sisi kiri dan lingkaran skala diarahkan pada angka nol
b.      Periksa bahwa neraca pada posisi setimbang
c.       Letakkan benda yang akan diukur di tempat yang tersedia pada neraca
d.      Geser ketiga penunjuk diurutkan dari penunjuk yang terdapat pada ratusan, puluhan, dan satuan sehingga tercapai keadaan setimbang
e.       Bacalah massa benda dengan menjumlah nilai yang ditunjukkan oleh penunjuk ratusan, puluhan, satuan, dan sepersepuluhan.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About