12 Khasiat Buah Naga Yang Harus Anda Ketahui

Buah naga merah merupakan salah satu buah yang pastiya sudah tidak asing lagi di telingan anda. Namun, tahukah anda bahwa buah naga merah memiliki banyak sekali khasiat apabila anda meminum atau memakanya? Nah kali ini kami akan mengajak Anda untuk membahas berbagai macam khasiat buah naga merah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua. Buah naga adalah buah yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau “dragon” sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi dan mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.
Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

Berikut ini 12 manfaat apabila anda mengkonsumsi buah naga
1.      Mencegah Kanker
Anda bisa berusaha mencegah kanker salah satunya dengan cara rutin mengonsumsi buah naga merah ini. Buah ini sangat kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.
2.      Bagus untuk Jantung
Khasiat buah naga merah berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Buah naga mempunyai khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai informasi, zat Phytochemical Captin biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung, dan pada buah ini Anda bisa mendapatkannya secara alami. Jika Anda mempunyai kecenderungan tekanan darah tinggi ataupun masalah jantung, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.
3.      Mencegah dan Mengatasi Diabetes
Meskipun buah naga merah mengandung gula, namun karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.
4.      Menjaga Kesehatan Tulang
Buah naga merah juga bermanfaat untuk menjga kesehatan tulang, karena menurut penilitian buah naga merah mengandung kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Kalsium dan fosfor memang sudah terbukti dapat menguatkan dan menjadikan tulang lebih sehat dan mencegah osteoporosis.
5.      Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga juga kaya akan kandungan Betakaroten yang lumayan tinggi. Betakaroten sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata. buah naga merupakan salah satu sumber betakaroten yang baik selain wortel.
6.      Menjaga Daya Tahan Tubuh
Seperti kita ketahui bahwa buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan salah satu fungsi dari vitamin C adalah menjaga daya tahan tubuh kita. Sehingga apabila anda rajin mengkonsumsi buah naga saat pergantian musim, tubuh anda akan lebih siap melawan bakteri jahat yang masuk ke tubuh kita
7.      Bagi Ibu hamil, Menjaga Kesehatan Ibu dan Buah Hatinya
Mengkonsumsi jus buah naga secara rutin saat hamil, sangat berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Selain itu, kandungan asam folatnya mampu mempercepat pertumbuhan jaringan otak pada janin dan mencegah janin terkena cacat tabung syaraf serta mencegah bayi lahir premature.
8.      Menjaga Kesehatan Kulit
Jika anda ingin tampil cantik, anda dapat mencoba meminum jus buah naga secara rutin setiap hari. Karena kandungan nutrisi lengkapnya mampu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit kusam dan masalah kulit lainnya dari dalam. Untuk perawatan luar, anda juga dapat memaskerkan jus buah naga pada kulit.
9.      Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Di dalam jus buah naga mengandung vitamin B3 yang cukup tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.
10.  Mencegah Kerut dan Penuaan Dini
Mengkonsumsi buah naga membuat kulit anda tetap terjaga dan selalu kencang sehingga terlihat lebih awet muda
11.  Menambah Nafsu Makan
Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.
12.  Baik Untuk Penderita Asma dan Batuk
Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan. Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah. 

Demikian 12 Khasiat buah naga, ingat bahwa kesehatan dating dari dalam diri anda sehingga andalah yang bertanggung jawab untuk merawatnya

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About