Padat Tebar Ikan Lele

Penebaran pembenihan merupakan upaya menempatkan ikan ke dalam wadah budidaya dengan kepadatan tertentu. Jumla benih yang fitebar harus mempertimbangkan kepasitas wadah pemeliharaan yang mampu menampung dari biomassa ikan yang di hasilkan. Dalam penebaran benih, juga perlu memperhatikan waktu tebar, kepadatan, dan cara penebaran. Padat penebaran pembenihan merupakan jumlah (biomasa) benih yang di tebar per satuan luas atau volume. Biasanya, padat penebaran di tentukan oleh jenis dan kapasitas produksi ikan, target ukuran panen ikan dan target kelangsungan hidup (Hendiriana, 2010).
Menurut Shafrudin et al., (2006) turunnya tingkat kepadatan penebaran menyebabkan kualitas air media pemeliharaan tetap dalam kondisi yang baik. Sehingga upaya pemanfaatan pakan yang diberikan juga optimal dan benih ikan lele dumbo juga mengalami peningkatan pertumbuhan. Akan tetapi, perbedaan padat penebaran ikan ternyata tidak memberikan perbedaan yang nyata terhadap laju pertumbuhan pada masing-masing tingkat kepadatan. Tidak adanya perbedaan yang nyata pada laju pertumbuhan spesifik memperlihatkan bahwa selama pemeliharaan kebutuhan ikan akan pakan dan lingkungan terpenuhi. Intensifikasi budidaya dapat berhasil tanpa menurunkan laju pertumbuhan apabila dilakukan pengawasan terhadap empat faktor lingkungan yaitu suhu, pakan, suplai oksigen dan limbah metabolisme.

Padat tebar 100 ekor/m­2 menghasilkam produksi yang tinggi, karena semakin tinggi padat tebar semakin tinggi pula produksinya. Ukuran ikan pada padat tebar ini tidak seragam di bandingkan dengan pada padat tebar yang lebih rendah. Hal ini di sebabkan karena semakin tinggi padat tebar semakin tinggi pula kompetisi dalam memperoleh pakan dan ruang gerak (Hermawan et al., 2012)

Daftar Pustaka
Hendirana, Andi. 2010. Pembesaran Lele Di Kolam Terpal
Hermawan, Andry Tri., Iskandar, dan Ujang Subhan. 2012. Pengaruh Padar Tebar Terhadap Kelangsungan Hidup Pertumbuhan Lele Dumbo (Clarias garipinus burch.) Di Kolam Kali Menir Indramayu. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 3(3) :85-93
Shafrudin, D., Yuniarti, dan M. Setiawati. 2006.  Pengaruh Kepadatan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) Terhadap Produksi Pada Sistem Budidaya Dengan Pengendalian Nitrogen Melalui Penambahan Tepung Terigu.  Jurnal Akuakultur Indonesia, 5(2): 137-147

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About