Persiapan Budidaya Ikan Toman

Ikan Toman habitat asalnya berada di Kalimantan. Ikan ini sangat mudah untuk dibudidayakan karena kemampuannya yang mampu menyerap alakali dalam tanah. Pembuatan kolam tanah dalam budidaya ikan toman harus diawali dengan persiapan terlebih dahulu.
Persiapan awal alam pembuatan kolam tanah adalah:
1. Perairan
Air kolam tanah dalam keadaan alkalis atau netral memberikan pengaruh yang baik dari pada perairan yang bersifat asam. pH 4 mematikan ikan. pH6.5 – 9 adalah keadaan yang paling baik untuk perikanan. Air yang baik yaitu air yang cukup mengandung oksigen. Tanah,pada budidaya ikan digunakan tanah yang tidak produktif ( tanah yang baik untuk pertanian ).Untuk budidaya yang mengandalkan makanan alami maka lumpur didasar kolam sangat diperlukan karena dapat meningkatkan kesuburan kolam.
2.Pengeringan kolam ,Kolam perlu dikeringkan tiap satu atau dua tahun. Saat pengeringan maka dasar olam akan bersentuhan dengan sinar matahari dan udara, sehingga dapat mengembalikan kesuburan tanah serta dapat mematikan insekta dan parasit yang membahayakan ikan.,
3. Pemupukan,Produksi ikan di kolam lebih banyak di tentukan oleh tingkat kesuburan tanah, oleh sebab itu kolam perlu dipupuk. Baik pupuk kandang, kompos maupun pupuk buatan. Pemakaian pupuk kandang perlu pelapukan sebelum dimaskkan kedalam kolam. Dosis pupuk kandang sekitar 0,5 kg sampai 0,75 kg permeter .
Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Toman dalam kolam tanah. Usaha budidaya ikan toman dalam kolam tanah layak untuk diusahakan. Hal ini berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha yang dilakukan dengan menggunakan tiga alat analisis usaha yaitu Break Even Point (BEP) pada penjualan sebesar Rp 1.431.747,24 dan BEP pada volume produksi sebesar 81,48 kg, Return Cost Ratio (RCR)sebesar 1,937 yang lebih dari satu, serta Profit Rate (PR) sebesar 93,66% yang nilainya lebih besar dari tingkat inflasi .Selain itu berdasarkan skenario analisis sensitivtas maka didapatkan bahwa usaha budidaya ikan toman dalam kolam tanah  masih layak diusahakan.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About