Permasalahan yang Dihadapi dan Pemecahan Masalah Pada Usaha Budidaya Ikan Tomat dalam Kolam tanah

Dalam kegiatan budidaya ikan toman di kolam tanah tentunya memiliki hambatan atau kendala yang di hadapi selama kegiatan budidaya berlangsung. Kendala tersebut dapat berupa kendala teknis maupun kendala pada ikan itu senditi. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pembudidaya ikan toman pada kolam tanah antara lain adalah : 
1. Kurangnya pengetahuan dari pembudidaya ikan tentang pasar ada pembudidaya yang menjual pada saat harga turun akibat banyaknya stok ikan/musim ikan sehingga keuntungan menurun bahkan merugi. Untuk dapat mengatasi hal tersebut hendaknya pembudidaya ikan bisa melakukan ekspektasi musim ikan, survey harga, melakukan pengolahan ikan (abon atau ikan kering) dan koordinasi dengan pembudidaya ikan tentang harga ikan toman.
2. Ketersediaan ikan hidup untuk pakan yang bersifat musiman. Untuk mengatasi hal tersebut hendaknya pembudidaya ikan mencari pakan alternatif yang lebih terjangkau dan mudah seperti keong mas.
3. Ketersediaan benih ikan yang biasanya berasal dari hasil tangkapan di alam. Untuk mengatasinya adalah adanya balai benih ikan lokal dan melakukan pengkajian inovasi teknologi budidaya pembenihan ikan toman. (Hellina et al.,2013)

Daftar Pustaka
Hellina,Y.Umi,S.Kamiliah,W.2013. Analisis Finansial Usaha Budidaya Ikan Toman (Channa micropeltes) Dalam Kolam Dikabupaten Hulu Sungan Selatan.Jurnal Agroscientiae.1(20)

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About