Proses Produksi Budidaya Belut

Proses produksi dalam pembesaran belut di mulai dari proses pemilihan benih yang unggul. Untuk produksi dengan menggunakan air bening bibit unggul di perlukan supaya dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya yang tidak seperti pada habitat aslinya. Menurut Hiroshi (2014) bibit unggul belut memiliki ciri-ciri bibit belut harus terlhat sehat dan berkualitas, terlihat agresif dan lincah, penampilan yang sehat di cirikan dengan tubuh kerah dan tidak lemas saat di pegang, serta ukuran bibit seragam dan di karantina terlebih dahulu.
Proses yang selanjutnya di lakukan dalam budidaya belut dalam ait bersih adalah persiapan pakan serta wadah budidayanya. Pakan sangat di butuhkan karena merupakan faktor yang menentukan keberhasilan perkembangan belut. Pakan yang di gunakan dapat berupa pakan alami maupun pakan buatan. Menurut Hiroshi (2014) jika pemberian pakan belut kurang maka akan menimbulkan sifat kanibalisme pada belut yang akan menimbulkan kerugian. Selain itu, kekurangan pakan akanmenghambat pertumbuhan. Pada wadah budidaya berupa drum di perlukan beberapa perlakuan seperti membersihkanya dari karat apabila yang di gunakan berupa drum besi serta pembuatan lubang pada sisi drum. Menurut Roy (2006), lahan sempit tidak menjadi masalah dalam proses budidaya karena lahan sempit dapat di jadikan tempat budidaya bahkan hewan licin ini dapat di budidayakan dalam tong atau drum
Masa produksi belut adalah selama 2 sampai 4 bulan tergantung pada perkembanganya hinggal ukuran konsumsi. Menurut Warisno dan Dahana (2010), pembesaran belut mencapai puncaknya setelah 4 bulan. Pada saat tersebut, belut siap di panen karena sudah mencapai ukuran konsumsi. Pemenenan harus di lakukan dengan baik karena menghasilkan limbah yang cukup banyak jika menggunakan media lumpur.

Daftar Pustaka
Warisno dan Kres Dahana. 2010. Budidaya Belut Sawah dan Rawa Di Kolam Intensif dan Drum. Lili Publisher. Yogyakarta
Hiroshi, Agi. 2014. Cara Budidaya Belut Air bersih dalam alamikan.com di akses tanggal 25 Juni 2015

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About