Akibat Mengkonsumsi Soft Drinks dan Bahaya Yang Ditimbulkan

Waspadai meminum soft drinks – ya itulah kata-kata bagi anda yang gemar mengkonsumsi soft drinks dan menjadi bagian dari hidup anda. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa minuman itu terkadang sangat terasa enak dan menyegarkan di saat kita merasa haus. Dari anak-anak sampai orang dewasa mereka sangat senang meminum soft drinks. Selain itu minuman tersebut sangat mudah di dapatkan di toko-toko waralaba. Tapi, pernahkan anda berfikir bahwa minuman tersebut tidaklah sehat apabila kita terlalu sering mengkonsumsinyabahkan berbahaya bagi tubuh.

Berikut beberapa alasan untuk tidak mengkonsumsi soft drinks.
1.      Soft drinks bersifat sangat asam
karena sifat asamnya tersebut soft drinks dapat menembus garis sambung pada kaleng aluminium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Tubuh manusia secara alamiah memliki pH 7,0. Soft drinks memiliki pH berkisa 2,5 artinya apabila kita meminum soft drink anda memasukan benda yang sangat asam ke tubuh kita yang nantinya akan bercampur dengan asam lambung dalam tubuh kita. Penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Soft drinks dan makanan asam lainnya mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan disekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau radang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang biasanya semakin rendah pH tubuhnya. Selain itu bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung meminum soft drinks dapat meningkatkan asam di dalam lambungnya. Apabila terlalu sering meminum itu penyakitnya dapat bertambah parah
2.      Soft drinks menguras air dalam tubuh kita
Ketika kita haus dan meminum soft drinks apalagi setelah berolahraga berat, air dalam tubuh kita malah akan semakin berkurang. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam soft drinks memerlukan sejumlah besar air yang ada dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, anda harus minum 8-12 gelas air untuk setiap satu gelas soft drink yang anda minum.
3.      Produksi insulin oleh pancreas menjadi lebih besar akibat kadar gula yang tinggi
Soft drinks mengandung banyak gula dan terutama adalah aspartame yang merupakan gla buatan yang memiliki nilai kemanisan 300 kali dari gula alami. Mengkonsumsi aspartame dalam jumlah besar membuat kita memaksa pancreas memproduksi insulin secara berlebihan. Padahal, kelebihan dan kekurangan gula dan insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidak seimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup. Apabila pancreas terus dipaksa memproduksi insulin dalam jumlah yang tidak wajar lama kelamaan dapat mengalami kerusakan,
4.      Soft drinks tidak pernah menghilangkan rasa haus anda
Mungkin anda berfikir menghilangkan rasa haus dengan soft drink. Namun sebaliknya, semakin anda meminum semakin anda merasa haus karena soft drinks bukanlah air yang diperlukan tubuh anda. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus menerus justru akan menyebabkan dehidrasi
5.       Soft drinks dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda logam lainnya dan bahkan efektif membersihkan kamar mandi
Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya apabila anda memasukan soft drinks ke dalam tubuh anda terus menerus?
6.    Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam soft drinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh
Soft drinks terbuat dari bahan yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung karena kekurangan magnesium, Osteoporosis karena kekurangan kalsium dan banyak lagi. Selain itu, sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.
7.      Soft drinks diet mengandung aspartame,
Aspartame merupakan gula tidak alami dan apabi;a di konsumsi terus menerus dapat menyebabkan penyakit. Bagi penderita diabetes militus akan sangat berbahaya dan akan menaikan kadar gula dalam darah secara drastic.
8.      Soft drinks sangat mempengaruhi pencernaan
Soft drink dapat membuat anda diare dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kerusakan pada system pencernaan dalam tubuh.
9.      Soft drinks tidak menyembuhkan flu ataupun masuk angin

Demikianlah beberapa alasan kenapa kita harus menghindari soft drink. Anda boleh meminumnya asalkan jangan terlalu sering dan berlebihan. Cintai tubuh anda karena anda sangat berharga bagi keluarga dan orang yang anda sayangi. 

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About