Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah sirsak merupakan buah yang berasal dari benua amerika namun berkembang baik di Indonesia dan banyak di manfaatkan oleh warga Indonesia sebagai makanan maupun di buat aneka minuma. Warna buah cenderung hijau meskipun sudah matang dengan kulit di tutupi seperti duri namun lunak berbeda dengan durian maupun nangka. Rasa buah sirsak sedikit asam dan segar apabila saat di makan dan di minum. Selain menyegarkan, ternyata banyak kandungan dalam buah sirsak yang bermanfaar bagi tubuh kita seperti :
-      Air. Kandungan yang paling banyak dari buah sirsak adalah air sehingga saat di makan langsung buah sirsak terasa segar dan dapat mencegah dehidrasi.
-      Serat. Buah sirsak mengandung daging buah yang memiliki banyak serat. Apabila kita rajin memakan buah sirsak makan dapat memperlancar pencernaan dan metabolism dalam tubuh.
-      Vitamin. Sesuai dengan rasanya buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang banyak yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C dair 300 gram buah sirsak dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain itu, vitamin C juga menjaga kesegaran dan kekencangan kulit. Selain vitamin C dalam buah sirsak juga terkandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh
-         Mineral. Sirsak mengandung fosfor, kalium dan kalsium. Kandungan mineral dalam buah sirsak ini dapat menjaga kesehatan tulang dan otot serta menjaga sirkulasi dan tekanan darah.
-       Karbohidrat. Salah satu karbohidrat yang terkandung dalam buah sirsak adalah gula peredksi (glukosa dan fruktosa) yang dapat menjadi sumber energy dalam tubuh.
Dari kandungan buah sirsak yang telah di uraikan di atas, tentunya buah sirsak memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat apabila kita mengkonsumsinya. Manfaat mengkonsumsi buah sirsak adalah sebagai berikut:
1.      Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan buah sirsak. Kandungan zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat sel-sel kanker seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, danlain sebagainya.
2.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin dan mineral dalam buah sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Vitamin dan mineral dalam buah
3.      Meningkatkan Energi
Buah sirsak mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energy untuk beraktivitas
4.      Mengobati Sakit Pinggang dan Rematik
Rebusan dan tumbukan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Caranya, ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian rebus dengan menggunakan 5 gelas air hingga kira-kira tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehari 3/4 gelas.  Untuk tumbukan daun sirsak dapat di lakukan seperti biasa yaitu menumbuk dan menghaluskan daun sirsak kemudian tempelkan pada pinggang yang sakit.
5.      Melancarkan buang air kecil
Buah sirsak mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk memperlancar system metabolism dan pencernaan. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta menjaga kesehatan hati.
6.       Menghilangkan Kutu
Daun sirsak jika direbus ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu baik kutu rambut atau kutu di tempat tidur.
7.       Menghilangkan Bisul
Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri pinggang atau nyeri otot. Bisul dapat tumbuh dimana saja dan tidak kenal tempat. Paling mengganggu adalah bisul yang tumbuh di wajah karena mengganggu penampilan. Untuk memanfaatkan buah sirsak adalah denagan menempelkan tumbukan daun sirsak pada bisul kemudian tunggu hingga mongering.
8.      Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan mineral dalam buah sirsak dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.
9.      Meredakan Migrain
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.
10.  Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About