Manfaat Mengkonsumsi Ikan

Ikan merupakan hewan yang hidup di dalam air baik semasa hidupnya maupun sebagian masa hidupnya. Kangdungan gizi yang ada dalam ikan sudah tidak di ragukan lagi mulai dari protein, mineral, vitamin, karbohidrat, omega 3, omega 6, dan lain sebagainya. Kandungan protein pada ikan bahkan  lebih besar di bandingkan dengan daging ayam serta ikan tidak mengakibatkan kolesterol sehingga aman untuk di konsumsi oleh siapa saja. Mengkonsumsi ikan secara rutin dapat menjaga kesehatan dan yang lebih luar biasa lagi adalah dapat mencerdaskan otak.
Berikut beberapa keuntungan apabila kita rajin mengkonsumsi ikan

1.      Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko serangan jantung.
Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang  baik bagi jantung, arteri, dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular Anda. Konsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Hal tersebut seperti yang terjadi pada masyarakat jepang yang rajin mengkonsumsi ikan apalagi dalam bentuk mentah (sushi) sehingga kandunga gizi pada ikan terjaga dan tidak mengalami diversivikasi.

2.      Menurunkan dan menstabilkan tekanan darah
Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka dalam pencegahan belum jelas.

3.      Menyehatkan mata 
Mengkonsumsi ikan sangat baik karena kandungan fosfor dan vitamin-vitamin yang mempunyai kemampuan dalam memperbaiki penglihatan. Ikan dapat melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering.

4.      Perawatan kulit 
Ikan mengandungan fosfor dan vitamin yang cukup tinggi sangat penting untuk membantu kesehatan mata dan kulit. Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Kandungan omega 3 dapat mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini. Konsumsi ikan membantu menjaga kulit dalam kondisi baik. Bahkan, menurut beberapa studi terbaru, suplemen minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

5.      Menurunkan berat badan 
Ikan tidak memiliki kolesterol yang tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Mengkonsumsi ikan banyak-banyak tidak akan merusak program giet anda. Bahkan, minyak ikan dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, konsumsi kapsul minyak ikan diikuti dengan berolahraga efektif menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan.

6.      Menekan risiko kanker
Kandungan omega 3 dalam ikan telah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker yang paling umum, yakni kanker payudara, kolon, dan prostat. Suplemen minyak ikan juga dapat membantu pasien yang menderita hiperlipidemia.

7.      Mengurangi depresi
Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan. Omega 3 yang rendah pada otak biasanya membuat orang lebih mudah depresi.

8.      Mengurangi risiko Stroke
Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Selain itu, ikan dapat mengurangi depresi. Apabila tekanan darah normal dan pikiran terjaga maka kemungkinan anda terkena stroke menjadi lebih kecil.

9.      Meningkatkan fungsi otak menambah kecerdasan anak
Ingin pintar? Ayo makan ikan. Slogan inilah yang sedang di gencarkan pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa. Hal ini sudah banyak terbukti di Negara maju yang rajin mengkonsumsi ikan  seperti Jepang sehingga kepintaran rata-rata mereka lebih tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak Anda. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Mengkonsumsi ikan dari kecil dan di imbangi dengan belajar yang cukup akan membuat anak menjadi pintar dan memperkuat daya tangkapnya.

10.  Mencegah terjadinya peradangan
Kandungan yang terdapat pada Ikan, terutama minyak ikan, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, banyak ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yang sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu dalam mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), dan sistitis (radang kandung kemih).

11.  Mempercepat pengringan dan penyembuhan luka
Dalam ikan khususnya ikan gabus terdapat kandungan albumin yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Sehingga apabila ibu melahirkan sangat di sarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus supaya lukanya cepat menutup kembali.

12.  Mencegah terjadinya penyakit kolesterol
Ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, ikan juga mengandung kolesterol yang rendah dan bahkan tidak mengandung kolesterol jahat sehingga aman untuk di konsumsi.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About