Manfaat Tauge (Kecambah) Untuk Menjaga Kesehatan

Tauge (Kecambah) merupakan sayuran yang berasal dari kacang-kacangan yang masih muda dan baru berkembang pada tahap embrio. Tauge mengandung banyak sekali senyawa yang berkhasiat. Salah satunya kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginine yang paling banyak tersimpan dalam taoge alfafa. Kanavin, menurut sejumlah penelitian, mampu melumpuhkan bibit kanker darah, kanker usus besar, dan kanker pancreas. Selain itu tauge merupakan sumber makanan yang banyak mengandung protein, asam amino, mineral serta mengandung daidzein, genistein dan saponin'. Senyawa genistein secara efektif menghambat pasokan gizi untuk sel-sel kanker sehingga membunuh sel kanker dalam tubuh. Saponin dapat meningkatkan imnitas dengan menstimulasi inferno dan limfosit T. selain itu, saponin dalam taoge, akan menggelontor 'lemak jahat' LDL, tanpa mengganggu kandungan 'lemak baik' HDL yang baik untuk orang yang menderita sakit jantung dan stroke
Setelah melalui sejumlah percobaan, saponin taoge diketahui dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cells), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, taoge padat zat antioksidan kuat yang membentangi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Perlindungan ganda inilah dapat membuat kita terlihat awet muda.
Tauge merupakan pangan yang memiliki kadar lemak yang rendah, kaya vitamin C, serta memiliki folat dan protein yang dapat memperkecil resiko timbulnya penyakit. Dalam kecambah, terkandung fitoesterogen yang dapat berfungsi seperti estrogen bagi wanita. Fitoestrogen tersebut dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis) khususnya bagi wanita yang berada pada masa menopause. Rajin mengkonsumsi kecambah dapat membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang mensturasi, keluhan semburat panas pada pra-menopause, dan gangguan akibat menopause, mengurangi risiko terkena artritis, memperlancar pencernaan, reproduksi, dan saluran kelenjar (glandular).
Tauge merupakan salah satu makanan yang biasanya di kaitkan dengan kesuburan. Hal ini seperti yang di telah di bahas di atas bahwa tauge memiliki peran dalam kesuburan wanita. Selain itu, tauge juga dapat menyuburkan bagi pria. Menurut Dr. Boyke, konsultan dan ginekolog seks, menyebutkan bahwa tauge mengandung anti oksidan dan vitamin E yang sangat berkhasiat bagi kesuburan dan bisa membantu kaum pria mendongkrak kejantanannya (vitalitas). Protein tauge lebih tinggi 19% dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya, hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Tauge mengandung oligosakarida, satu jenis karbohidrat kompleks yang ada dalam kacang-kacangan. Pengecambahan telah menguraikan 90 persen rantai ligisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas.
Namun, disamping itu, bagi pasien wanita pengidap kanker payudara yang tengah menjalani terapi pengobatan dengan tamoxifen membatasi konsumsi taoge, apalagi yang tamoxifen. Artinya, taoge hanya perlu dibatasi jika kita menderita jenis tumor atau kanker yang
berkaitan dengan estrogen.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About