Pengertian Penawaran

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Dari definisi di atas, dapat kita ketahui bahwa  ada dua kata yang menjadi dasar pengertian permintaan. Pertama yaitu bahwa konsumen ingin memiliki benda pemuas kebutuhan sehingga mereka akan mencari benda tersebut, dan yang kedua konsumen memiliki kemampuan untuk memperolehnya sehingga akan terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Jika hal tersebut dipenuhi, berarti yang terjadi di sini adalah permintaan efektif, di mana konsumen ingin dan mampu membeli benda pemuas kebutuhan tersebut.
Dalam permitaan di kenal dengan hukum permintaan yang menyatakan bahwa bila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya bila harga turun maka jumlah barang yang di minta akan naik. Namun hukum permintaan ini dapat tidak berlaku apabila :
a.       Permintaan barang-barang bernilai prestise
b.      Harapan harga suatu barang akan berubah
c.       Hubungan kuantitas harga
d.      Barang inferior
Berdasarkan hukum di atas, kita dapat menggambarkan permintaan terhadap suatu barang dalam bentuk kurva atau grafik.


Grafik di atas menunjukan bahwa apabila harga naik permintaan akan menurun sedangkan bila harga turun permintaan akan naik.
Dalam permintaan terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan naik turunya permintaan, di antaranya adalah
      Harga, harga merupakan faktor utama dalam permintaan seperti yang tergambar pada hukum permintaan.
      Pendapatan, pendapatan sesorang akan mempengaruhi daya beli. Semakin tinggi tingkat pendapatan biasanya akan semakin besar kebutuhan sehingga permintaan akan naik
      Harga barang lain yang berkaitan, adanya barang yang dapat menggantikan fungsi suatu barang dapat menyebabkan permintaan turun.
      Selera konsumen, konsumen memiliki selera yang berbeda-beda meskipun harga rendah terkadang tidak sesuai selera dan menyebabkan permintaan turun
      Perkiraan harga di masa mendatang. Seringnya terjadi perubahan harga dari waktu ke waktu mengakibatkan terpengaruhnya jumlah permintaan. Apabila harga di masa mendatang akan naik, cenderung akan meningkat. Namun, apabila di perkirakan harga akan turun permintaan cenderung menurun.
Jenis-jenis permintaan di bagi menjadi dua macam yaitu berdasarkan daya beli dan berdasarkan jumlar orang yang melakukan permintaan. Jenis-jenis permintaan berdasarkan daya beli adalah sebagai berikut :
1.      Permintaan efektif, yaitu permintaan terhadap barang atau jasa yang disertai daya beli dan melakukan transaksi.
2.      Permintaan potensial, yaitu permintaan terhadap barang atua jasa yang disertai daya beli tetapi konsumen masih mempertimbangkan transaksinya (belum dilakukan transaksi)
3.      Permintaan absolute, yaitu permintaan terhadap barang/jasa yang tidak disertai daya beli.

Sedangkan jenis-jenis permintaan berdasarkan jumlah yang melakukan permintaan adalah
1.      Permintaan individu adalah permintaan seseorang terhadap barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2.      Permintaan kelompok adalah permintaan dari sekelompok orang atau masyarakat pada saat yang bersamaan (penjumlahan permintaan individu)

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About