Ciri-ciri Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang banyak dan sering kita jumpai. Keberadaanya diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Secara umum, ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta) adalah :
1.      Tumbuhan paku sudah dapat dibedakan antara batang daun dan akar (kormus) berbeda dengan tumbuhan lumut dan merupakan kormophyta berspora
2.      Sistem perakaran serabut dimana ujungnya dilindungi kaliptra.
3.      Batang berupa rhizoma yang tumbuh didalam tanah.
4.      Memiliki daun dengan bentuk mokrofil (daun berukuran kecil) dan makrofil (daun yang berukuran besar) serta fungsi yang berbeda yaitu Tropofil (untuk fotosintesis dan tidak menghasilkan spora), Sporofil (menghasilkan spora).   
5.      Mempunyai pembuluh angkut pada akar, batang, serta daun, yaitu pembuluh xilem yang mempunyai fungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar untuk di salurkan ke daun untuk proses fotosintesis, dan pembuluh floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.
6.      Memilii dua fase generasi, yaitu sporofit atau menghasilkan spora dan gametofit yang menghasilkan gamet atau sel kelamin.
7.      Fase sporofit pada tumbuhan paku memiliki sifat lebih dominan jika di bandingkan dengan fase gametofit.
8.      Tumbuhan paku hidup di tempat yang lembab dapat di darat, di perairan maupun menempel pada tumbuhan atau benda lain.
9.      Daun muda menggulung
10.  Bereproduksi secara seksual dan aseksual
11.  Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya hidupnya fotoautotrof.
12.  Teradapat tumbuhan paku yang tidak menghasilkan spora yang disebut tropofil/daun steril yang berfungsi untuk fotosintesis.
13.  Spora terdapat di dalam sporangium, terdapat sel penutup yang berdinding tebal dan membentuk cincin yang disebut annulus.
14.  Sporangium terkumpul dalam sorus yang terletak di helaian daun bagian bawah. Sorus muda terlindungi oleh indusium.
15.  Apabila dalam keadaan kekeringan, maka annulus mengerut dan sporangium akan pecah. Spora tersebut akan tersebar, bila lingkungannya cocok akan tumbuh menjadi individu baru.

16.  Bila ada embun yang membeku, maka daun-daunnya akan mati tetapi akar dan batangnya masih hidup dan kemungkinan masih dapat tumbuh kembali

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About