Budidaya Perairan


Budidaya merupakan kegiatan suatu biota budidaya berupa pemeliharaan, pembenihan serta menumbuhkan biota tersebut.Pada kegiatan budidaya dilakukan pula upaya untuk meningkatkan mutu supaya dapat meningkatkan hasil dari proses budidaya itu sendiri. Budidaya digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu budidaya perairan, budidaya pertanian dan budidaya peternakan.Tujuan dari proses budidaya adalah mendapatkan hasil panen yang bermanfaat dan menguntungkan.
Perairan merupakan sekumpulan massa air di wilayah tertentu naik air yang dinamis maupun perairan statis. Perairan dibagi menjadi tiga golongan yaitu perairan tawar, payau dan perairan laut. Biota yang hidup pada suatu jenis perairan akan berbeda dengan jenis biota yang hidup pada jenis perairan lainya. Hal ini dikarenakan perbedaan salinitas pada setiap perairan. Tidak semua biota dapat bertahan pada salinitas yang berbeda meskipun ada beberapa biota yang dapat menoleransi pada salinitas yang berbeda.MenurutUU Perikanan no. 31 th.2004 Perikana nadalah semuakegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya mulaidaripraproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem basis perikanan.
Pengertian ikan itu sendiri tidaklah terbatas pada biota air yang bersisik dan bersirip, namun ikan merupakan segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian hidupnya berada pada air.Budidaya perairan (akuakultur dalam bahasa inggris aquaculture) merupakan bentuk pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan atau tumbuhan perairan yang menggunakan air sebagai komponen pokoknya.Kegiatan-kegiatan yang umum termasuk di dalamnya adalah budidayaikan, budidaya udang, budidaya tiram, budidaya rumput laut (alga). Dengan batasan di atas, sebenarnya cakupan budidaya perairan sangat luas namun penguasaan teknologi membatasi komoditi tertentu yang dapat diterapkan. (id.wikipedia.org)
Media yang digunakandalam proses budidaya dapat dilakukan dengan beberapa sarana seperti kolam yang umumnya dipakai pada perairan tawar, keramba jarring apung pada perairan laut maupun tawar, tambak pada perairan payau dan sebagainya.Jenis biota air yang dibudidayakan tidak terbatas hanya pada ikan bersirip, namun biota budidaya saat ini dapat berasal dari jenis Mollusca, crustacean, arthropoda dan jenis lainya seperti alga atau rumput laut.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About