PEran Sumber Daya Manusia dalam Bidang Perikanan

Pertumbuhan ekonomi indonesia dipengaruhi oleh beberapa komponen diantaranya adalah komponen investasi dan tenaga kerja. Investasi yang terjadi di suatu negara terdiri dari investasi pemerintah dan investasi swasta. Investasi pemerintah dapat dijalankan melalui salah satu instrumen kebijakan, yaitu pengeluaran pemerintah untuk investasi sedangkan investasi dari sektor swasta dapat berasal dari dalam negeri maupun luar negeri (asing). Investasi yang berasal dari luar negeri berupa investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) dan investasi asing portofolio. Secara umum perkembangan nilai investasi, jumlah tenaga kerja dan PDB Indonesia dari tahun 1980-2010 mengalami perkembangan yang fluktuatif namun menunjukkan tren yang positif. (Nizar et al., 2013)
Kondisi ekonomi masyarakat yang rendah disebabkan kurangnya keterampilan dalam sektor perikanan, sarana dan prasarana pendukung usaha, belum dioptimalkan sumber daya alam lain di luar sektor perikanan dan pengaruh budaya. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka perlu dianalisis pengaruh karakteristik rumah tangga terhadap kemiskinan masyarakat pesisir (Andrianto et al., 2016). Pertumbuhan ekonomi tergantung pada pertumbuhan penyediaan faktor-faktor produksi yang berupa penduduk, tenaga kerja, dan akumulasi modal (Investasi). Model pertumbuhan Solow ini yang sering disebut sebagai model pertumbuhan neoklasik (Nizar et al., 2013)
Subsektor perikanan merupakan salah satu sumber perekonomian Indonesia mengingat prospek pasar, baik dalam negeri maupuan internasional cukup cerah. Potensi sumberdaya ikan, sumberdaya manusia serta permintaan pasar yang terus meningkat, memungkinkan untuk dapat mewujudkan industri perikanan yang kokoh, mandiri dan berkelanjutan serta memperluas penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pendapatan nelayan, meningkatkan konsumsi dalam negeri, dan meningkatkan penerimaan devisa negara yang akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional (Oktaviani dan Sardjito, 2012).

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About