Manajemen Kesehatan Ikan Kerapu

Kesehatan merupakan salah satu syarat utama dalam pembesaran ikan kerapu karena ikan yang sehat akan tumbuh dengan cepat dan mudah di jual di pasaran. Sebaliknya ikan yang sakit pertumbuhanya akan lambat bahkan dapat mengalami kematian. Oleh karena itu, perlu adanya manajeman kesehatan pada budidaya ikan termasuk budidaya ikan kerapu. Sumber permasalahan pada budidaya ikan laut umumnya karena pencemaran yang berasal dari daerah sekitar maupun pencemaran dari kegiatan budidaya itu sendiri. Menurut Wirawan dan Handajani (2015) Kendala yang sering dihadapi dalam pengembangan usaha budidaya perikanan laut adalah menurunnya mutu kualitas air budidaya ikan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan dan tingginya limbah hasil kegiatan budidaya ikan seperti limbah kulit udang yang pada puncak panen udang dapat mencapai 3 ton/hari. Pemilihan lokasi budidaya yang tepat pada budidaya ikan kerapu akan sangat menentukan keberhasilan budidaya karena lokasi yang jauh dari pencemaran akan membuat ikan tidak mudah terkena penyakit.
Kesehatan pada ikan selain karena faktor lingkungan juga dikarenakan serangan pathogen. Ikan yang sudah terserang penyakit biasanya mengalami beberapa gejala seperti nafsu makan menurun, ikang berenang terpisah dengan kelompok, terdapat luka pada tubuh, bentuk badan tidak normal, serta pertumbuhan lambat. Untuk menghidari ikan terkena penyakit perlu diperhatikan pakan dan kebersihan lingkungan. Pakan dari ikan rucah yang terinfeksi bakteri dapat menyebabkan ikan kerapu tertular penyakit. Menurut Yusuf (2011) pencegahan hama dan penyakit antara lain pemberian pakan yang cukup sehingga metanbolisme lancar, menjaga kesehatan jaring agar tidak ada sisa pakan yang mengundang ikan-ikan perusak jaring, perendaman dengan air tawar secara bertahap untuk mematikan parasit yang menempel pada tubuh ikan, serta pemberian vitamin pada pakan ikan.

Daftar Pustaka
Wirawan, Ganjar Adhy., dan Hany Handajani. 2015. Peningkatan Produksi Benih Ikan Kerapu Melalui Perbaikan Manajemen Kualitas Air Di Kelompok Pembenihan Ikan Mina Sejahtera Bungatan Kabupaten Situbondo. Jurnal Dedikasi, 12 : 61-65
Yusuf, Candhika. 2011. Budidaya Ikan Kerapu Sistem Karamba Jaring Apung dan Tancap. Wff : Indonesia

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About