Pengertian Filum Coelenterata (Hewan Berongga)

Coelenterata berasal dari dua kata yaitu coelon yang artinya berongga dan enteron  yang artinya perut. Dengan demikian,  Coelenterata  dapat diartikan sebagai hewan perut berongga. Coelenterate merupakan makhluk hidup yang hidup di laut walaupun ada sebagian yang hidup di air tawar. Tubuh coelenterate terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian luar (epidermis) dan bagian dalam (gastrodarmis). Coelenterate hanya memiliki satu saluran untuk degala aktivitasnya baik saluran makan maupun saluran pembuangan. Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai alat pengedar sari makanan dan sisa makanan dikeluarkan.

Ciri umum dari coelenterata adalah :
1.      Bentuk tubuhnya simetris radial atau biradial
2.      Mempunyai 2 bentuk fase/stadium ketika hidup yaitu polip dan medusa
3.      Dinding tubuhnya terdiri dari epidermis dan gastrodermis. Diantara 2 lapisan tersebut terdapat mesoglea yang berisi gellain dan sel sel saraf.
4.    Permukaan tubuh coelenterata terdapat cnidopblast, yang didalamnya terdapat nematocyst yang berfungsi untuk membelah diri dan untuk membantu menangkap makanan, bergerak atau melekat pada substrat.

Hewan pada filum coelenterate mengalami pergiliran masa keturunan yaitu masa polip dan masa medusa. Polip berbentuk silindris di bagian proksimal dan melekat pada suatu tempatsedangkan bagian distal memiliki mulut yang dilingkupi tentakel, berkoloni, serta gonad dapat eksternal dan dapat pula internal. Medusa berbentuk menyerupai payung atau lonceng dan bergerak bebar dengan tentakel menggantung di permukaannya. Ruang digesti berupa saluran radial, bercabang empat, dan bermuara di saluran sirkular. Gonad menggantung di saluran radial dan bermuara di saluran radial.


Phylum Coelenterata di klasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu :
1.      Kelas Hydrozoa
2.      Kelas Scyphozoa
3.       Kelas Anthozoa

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About