Pengertian Mikroflora

Artikel by M. Furqon Alauddin Athif

Mikroflora merupakan biota renik yang tidak dapat dilihat secara langsung, dalam pengamatannya harus dilakukan dengan bantuan mikroskop. Menurut Sigee (2005) dalam Yuhana et. al. (2011), mikroflora merupakan semua mikroorganisme “seperti tumbuhan” yang hidup pada suatu substrat terendam air, termasuk di dalamnya adalah alga mikroskopis, bakteri dan fungi.
Mikroflora merupakan salah satu biota berklorofil, sehingga dalam perairan mikroflora dapat memproduksi oksigen. Menurut Nontji (2008), mikroflora bentik dapat menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Mikroflora bentik terdapat pada perairan tertentu saja yakni pesisir yang dangkal.
Mikroflora memegang peranan penting dalam ekosistem perairan, karena secara langsung maupun tidak langsung mikroflora merupakan makanan bagi ikan-ikan dan hidrobiota lainnya.
Peranan langsung mikroflora di lingkungan akuatik adalah sebagai salah satu rantai makanan, sehingga keberadaannya menentukan produktivitas suatu kawasan perairan. Mikroflora merupakan sumber makanan bagi jenis ikan komersial.
Komunitas mikroflora pada suatau badan perairan akan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Hal tersebut bergantung pada faktor fisika, kimia dan biologi pada masing-masing badan perairan. Mikroflora pada umumnya dapat ditemukan pada bagian daerah yang terbuka pada perairan tawar, laut dan estuaria, tetapi ada beberapa mikroflora yang hanya banyak ditemukan pada bagian daerah bervegetasi, dasar berlumpur atau berpasir.
Diatom merupakan mikroflora utama di lingkungan perairan, karena kelimpahannya yang tinggi dan dapat ditemukan pada beragam habitat. Dominasi diatom sebagai penyusun perrifiton disebabkan karena diatom mempunyai kemampuan melekat pada permukaan substrat lebih baik dari pada mikroalga lainnya, hal ini karena diatom memiliki material berupa lendir atau dibantu suatu organel berupa kitin (Ardhanu, 2010).

Daftar Pusraka
Ardhanu, Meezan 2010 Hewan Makrobenthos dan Diatom Perrifiton. worlducations.blogspot.com diakses pada tanggal 19 Mei 2015.
Nontji, Anugerah. 2008. Plankton Laut. Jakarta: LIPI Press.
Yuhana, Ngesti, Agus Irianto, Dan Hendro Pramono. Rekayasa Mikroorganisme Inisiator Perifiton Pada Kolam Budidaya Ikan Tilapia Dengan Pemberian Konsorsia Mikroorganisme Unggul. Jurnal Perikanan 13 (1): 13-21. 

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About