Macam-macam Organisme di Dalam Air

Oranisme air di bagi menjadi beberapa golongan. Pengelompokan ini di dasarkan pada kesamaan-kesamaan yang ada pada spesies tersebut. Berikut pembagian organisme air berdasarkan beberapa hal :
Berdasarkan cara memperoleh makanan atau energy
a.       Organisme autotrof, adalah organisme yang dapat mensintesis atau membuat zat makanan sendiri. yang termasuk kelompok ini adalah tumbuhan hijau. Organisme ini hanya terdiri dari kingdom plantae dan merupakan produsen pada ekosistem air tawar. Keberadaanya dapat meningkatkan oksigen pada siang hari melalui cara fotosintesis
b.      Fagotrof dan saprotrof, merupakan konsumen dalam ekosistem air tawar. Fagotrof oragnisme yang bersifat karnivora dan omnivora yang pemakan organisme lain, sedangkan saprotrof adalah pemakan sampah atau bangkai organisme yang mati.
Berdasarkan kebiasaan hidupnya dalam air
a.       Plankton terdiri atas fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton termasuk kedalam tumbuhan yang dapat menghasilkan oksigen sedangkan zooplankton merupakan hewan yang memanfaatkan oksigen. Kelompok ini meliputi organisme yang bergerak pasif dan berpindah tempat karena pengaruh arus air.
b.      Nekton, adalah hewan yang bergerak aktif berenang kian kemari, misalnya ikan dan katak.
c.       Neuston, meliputi hewan yang beristirahat dan yang mengapung di permukaan air, misalnya serangga air.
d.      Perifiton, adalah hewan atau tumbuhan yang melekat/bergantung pada batang, akar, daun, atau pada permukaan benda lain, misalnya keong.
e.       Bentos, adalah hewan atau tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup pada endapan. Bentos dapat sessil (melekat) atau bergerak bebas, misalnya cacing dan remis.
Berdasarkan fungsinya
a.       Produsen, merupakan organisme pada tingkat trofik terendah yang dimanfaatkan oleh organisme herbivore. Terdiri atas golongan alga misalnya alga biru dan alga hijau. Disamping itu, banyak pula tumbuhan Spermatophyta, misalnya teratai, enceng gondok, dan genjer.
b.      Konsumen, pada organisme ini terdapat hewan pada tingkat trofik yang paling tinggu dan bersifat karvivora. Meliputi serangga air, ikan, udang, siput air, dan hewan lainnya.
c.       Dekomposer atau pengurai, terdiri atas bakteri dan mikroorganisme lain. biasanya tinggal di dasar perairan

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About