Porifera Kelas Calcarea Subkelas Calcaronea

Subkelas calcaronea adalah Calcarea dengan triactines dan sistem basal tetractines sagital (yaitu sinar spicula membuat sudut yang tidak sama satu sama lain) dan sangat teratur. Pada masa ontogenesis atau morfogenesisnya, spikula pertama yang disekresikan adalah diactina. Choanositanya memiliki apinucleata. Calcaronea memiliki larva amphiblastula.. pada sub kelas ini di golongkan menjadi beberapa ordo yaitu :
1.      Ordo Baerida
Baerida merupakan ordo dari kelas Calcaronea yang  kerangkanya tersusun dari microdiactines, di mana microdiactines berada pada bagian tertentu dari kerangkanya, seperti pada bagian choanoskeleton atau kerangka atrium. Baerida pada umumnya memiliki spikula yang besar di dalam kerangka kortikal, di mana spikula tersebut menginvasi sebagian atau seluruh bagian choanoderm. Pada sponge dengan korteks yang diperkuat, pori-pori inhalansia dapat dibatasi dengan saringan yang berbentuk seperti bagian pada bantalan ostia. Tetractines kecil berbentuk seperti belati (pugioles) pada umumnya merupakan satu-satunya kerangka yang berfungsi sebagai sistem aquiferous exhalant. Meskipun kerangkanya dapat sangat diperkuat oleh adanya lapisan padat microdiactines di wilayah tertentu, kerangka berkapur aspicular tidak ada pada ordo ini.
2.      Ordo Leucosolenida
Leucosolenida merupakan ordo dari sponge berkapur yang pada kerangkanya tidak memiliki spikula.
3.      Ordo Lithonida
Lithonida adalah ordo dari sponge berkapur pada kelas Calcarea dengan kerangka yang diperkuat, dan tersusun dari basal actines yang terdiri dari tetractines atau basal kaku yang terdiri dari kalsit. Spikula diapason umumnya ada pada ordo ini dan memiliki sistem saluran leukonoid.
4.      Ordo Sycettida
Sycettida merupakan ordo dari Calcaronea pada kelas Calcarea. Sycettida terdiri dari kelompok sponge berkapur yang cukup beragam.  Termasuk pada famili Sycettidae, Heteropiidae, Grantiidae, Amphoriscidae, dan Lelapiidae. Koanosit dengan inti apikal terbatas pada ruang flagella dan secara umum tidak pernah melapisi spongocoel. Famili dari Sycettidae menyerupai ordo Leucosoleniida dalam hal hampir tidak memiliki membran dermal atau korteks yang dimiliki oleh lima famili lainnya. Kerangka yang paling besar (spikula triradiate) ditemukan pada famili Lelapiidae.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About