Peluang Bisnis Perikanan pada Media Online

Perikanan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan yang perkembanganya masih kurang di minati di Indonesia. Padahal, perikanan menjadi salah satu sektor yang dapat di jadikan bisnis usaha sendiri dan mengantarkan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju. Menurut arief (2013) potensi perikanan budidaya masih sangat besar dan pemanfaatannya belum mencapai 50 %. Potensi perikanan budidaya yang sangat besar tersebut merupakan peluang untuk menghasilkan komoditas berkualitas dan bersaing di pasar Internasional. Beberapa komoditas yang dapat di andalkan sebagai produk unggulan antara lain nila, lele, mas, gurame, lobster, lobster air tawar, udang galah, udang windu, bandeng, rumput laut, kepiting bakau, kakap, mutiara, kerang dan lobster. Komoditas-komoditas unggulan tersebut di harapkan dapat meningkatkan produksi perikanan nasional, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan nelayan dan pembudidaya yang dapat memberikan konstribusi pada pertumbuhan ekonomi. Potensi perikanan khususnya budidaya belum di manfaatkan secara optimal baik air tawar, air payau maupun budidaya laut.
Meskipun perikanan budidaya saat ini masih dapat berkembang dalam arti jumlah permintaan dapat terus menaik dan produksi perikanan masih belum dapat memenuhi jumlah permintaan tersebut, pemasaran menggunakan media online akan lebih efektif karena biasanya banyak pula orang yang membutuhkan dan mampu menawar dengan harga lebih tidak mengetahui bisnis yang kita jalankan. Sehingga penggunaan internet akan membuat keuntungan yang lebih. Selain itu apabila pemasaran semakin luas maka aka nada kemungkinan bagi kita untuk memperluas usaha kita pula.
Penjualan produk hasil budidaya melalui internet bukanlah suatu hal yang tabu dan dapat dilakukan oleh siapapun termasuk seseorang yang bergerak dalam bidang perikanan. Menurut Pribadi (2010) di internet setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam menawarkan segala jenis produk dan jasa yang mereka tawarkan. Bermodalkan website atau blog dan alamat email saja, anda sudah dapat dengan mudah manawarkan produk dan jasa setara dengan perusahaan besar lainya. Melihat trend pengguna internet yang terus meningkat di seluruh dunia dan kecenderungan para pengguna internet, tentu saja juga memuka peluang bisnis di internet.
Hal yang dapat di lakukan untuk memasarkan produk kita secara online adalah dapat melalui blog atayu website atau menggunakan media sosial sebagai tempat promosi. Penggunaan website atau blog biasanya harus memiliki halaman yang menarik sehingga orang akan tertarik untuk meng akses situs yang kita miliki dan tertarik untuk membeli produk perikanan kita. Penggunaan media sosia sebagai tempat promosi terbilang lebih mudah yang peting kita memiliki jumlah kontak atau teman yang banyak sehingga dapat di akses dengan lebih mudah. Menurut Pribadi (2010) jal pertama yang harus kita lakukan untuk memulai bisni dan melakukan jual beli di internet adalah menemudak media untuk menggelar ptoduk atau jasa yang kita tawarkan, agar dapat di kerahui klien atau pelanggan. Oleh karena itu, anda membutuhkan media ataulapak online yang berupa suatu blog(situs) atau thread di suatu forum. Dua lapak tersebut cukup efektif untuk media berpromosi dan manawarkan produk atau jasa yang anda jual.
Pemanfaatan took online yang tersedia dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai media promosi meskipun di situs tersebut kita akan menemukan saingan secara langsung. Namun, penggunaan situr yang lebih terpercaya biasanya akan membuat pengunjung tidak segan untuk membeli apabila di bandingkan dengan penggunaan situs yang masih baru atau kita buat sendiri. Di samping pada situs tersebut, setelah membuat website sendiri, selanjutnya kita bisa mulai membangun website kita dan membuatnya menjadi website online shop yang terpercaya. Dalam hal ini, kejujuran demi mendapatkan pelanggan atau klien sangatlah penting karena bisnis online tidak dapat berjalan apabila ada klien yang tidak puas dan merasa di bohongi kemudian berkomentar pada website atau lapak kita sehingga pengunjung lain akan merasa takut untuk membeli ikan di tempat kita.

Daftar Pustaka
Arief, YAnti. 2013. Potensi Perikanan Budidaya dalam sinjaikab.go.id di akses pada tanggal 5 mei 2015
Pribadi, Wikan. 2010. Peluang Usaha Online. Kawah Media : Jakarta

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About