10 Aplikasi Internet

Aplikasi atau fasilitas internet adalh program yang ada di internet yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi/kelompok atau hanya sekedar untuk hiburan semata. Berikut beberapa aplikasi yang terdapat pada internet
1.      Surat Elektronik (e-mail)
Surat elektronik atau biasa di sebut dengan ntilah e-mail adalah sistem yang paling penting didunia. Karena banyak menghubungkan banyak orang dan organisasi dari seluruh penjuru dunia dengan cepat. Surat elektronik dapat dikirim melalui kabel telepone atau melalui jaringan tanpa kabel

 
2.      Usenet
Adalah suatu protokol yang menggambarkan bagaimana sekelompok pesan dapat di simpan dan dikirim  antar komputer dari seluruh dunia. Para pemakai dapat log on ke server untuk membaca pesan atau mengirim pesan atau mempunyai komputer yang secara otomatis akan mendownload pesan untuk di baca.
3.      Mailing List ( Listerv)
Adalah jenis forum umum yang memungkinkan diskusi berlangsung di antara kelompok – kelompok. Perbedaanya dengan newsgruop adalah untuk berkomunikasi mailing list tidak menggunakan papanbulletin melainkan menggunakan e-mail mailing list. Jika pemakai menemukan topik yang mereka sukai mereka boleh bergabung dan menerima pesan – pesan yang di kirimkan oleh pengguna lain tentang topik itu. Dan jika pemakai mengirimkan pesan maka secara otomatis akan di kirim kesemua orang yang bergabung pada topk itu.
4.      Chatting
Chatting memungkinkan dua orang atau lebih secara serempak terhubung ke internet untuk melakukan percakapan interaktif dan melakukaan percakapan terulis. Internet Really Chat (IRC) adalah program yang umum digunakan pada internet dimana kelompok chat dibagi dalam topik –topik tersendiri atau biasa disebut dengan chanel.
5.      Instani Messaging
Adalah komunikasi yang real time. Online antara dua orang atau lebih yang terhubung dengan internet tersebut. Para pemakai dapat mengirimkan pesan teks kepada para pemakai lain yang log on pada saat itu.
6.      Internet Telephony
Internet Telephony (Voice Over IP/VOIP) memungkinkan pengguna berbicara melalui internet ke komputer lain. Dalam masalah tarif, tarif yang di gunakan hanya tarif untuk moneksi internet.
7.      Real Time Audio Video
Pada real time audio video transmisi dikirim dari sumber langsung akan tertunda sebentar. Aplikasinya mencakup poin – poin pembicaraan diantara dua orang.
8.      Streaming Audio Video
Streaming audio video dapat menyiarkan program siaran radio, musik, konferensipers, pidato dan program berita lainya melalui internet
9.      File Transfer Protokol
File transfer protokol (FTP) memungkinkan anda untuk mengakses komputer dari jauh dan memperoleh file dari komputer tersebut.
10.  Telnet
telnet memungkinkan para pemakai untuk berada pada suatu komputer pada saat melakukan pekerjaan yang lain. Telnet adalah protokol yang membangun error-freelink antara dua komputer. Para pemakai dapat log on ke komputer kantor mereka saat sedang berpergian atau sedang berada di rumah dan ingin mengakses komputer.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About