MODEM

Dengan kemajuan teknologi seperti ini banyak pilihan untuk koneksi ke internet. Dari koneksi nirkabel hingga koneksi dengan kabel. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan modem. Modem (Modulator de Modulator) adalah alat yang berfungsi merubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya dari sinyal digital menjadi sinyal analog. Pada dasarnya kita menggunakan modem untuk mengkoneksikan
komputer ke jaringan internet. Modem di bagi menjadi dua macam yaitu modem internal (modem sudah terpasang pada mainboard) dan modem eksternal (modem yang terpasang di luar CPU) terdapat keuntungan jika menggunakan modem internal, yaitu harganya yang lebih murah tetapi kelemahanya sulit dalam pemasanganya dan tidak bisa di pindahkan kekomputer lain jika tidak membuka casing terlebih dahulu. Sebaliknya modem eksternal lebih mahal dari modem internal tetapi dalam pemasanganya lebih mudah dan dapat digunakan komputer lain tanpa melepaskan casing. Saat ini banyak produk modem yang menawarkan harga dan kecepatan yang beragam. Satuan kecepata modem yang di gunakan adalah bits per second (bps). Modem yang banyak beredar di pasaran biasanya berkecepatan 56 kbps, artinya kecepatan modem mentransfer data adalah 56 kb pada satu detik.
Dalam pemilihan modem kita harus tahu berapa biaya per kilobyte, ataupun berapa kecepatan modem tersebut. Selain itu kita harus tahu apakah modem yang kita gunakan bekerja secara maksimal di tempat tinggal kita (misalnya pada daerah yang sulit terjangkau sinyal). Karena akan mempengaruhi kecepatan modem.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

Blog Archive

About